Fungsi Menggambar Bentuk Geometris di OpenCV Python

Untuk tutorial OpenCV selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi menggambar bentuk feometris seperti bentuk, garis, lingkaran, persegi, dan text.




Tujuan

Adapun tujuan pembahasan kali ini adalah :

  1. Belajar menggambar bentuk geometris dengan OpenCV Python.
  2. Kita akan mempelajari fungsi-fungsi ini: cv2.line () , cv2.circle () , cv2.rectangle () , cv2.ellipse () , cv2.putText () dll.

Code

Dalam belajar fungsi diatas, kita akan melihat beberapa bentuk code program umum seperti di bawah ini :

  • img : di mana Anda ingin menggambar bentuknya
  • color : Warna dari bentuknya. untuk BGR, misal: (255,0,0) untuk warna biru.
  • thickness : Tebal garis atau lingkaran dll. Jika -1 dilewatkan untuk sosok tertutup seperti lingkaran, maka akan mengisi bentuknya. ketebalan default = 1
  • lineType : Jenis garis, apakah 8-connected, anti-aliased line dll Secara default, itu adalah 8-connected. cv2.LINE_AA memberi garis anti- cv2.LINE_AA yang terlihat bagus untuk kurva.

Menggambar Garis

Untuk menggambar garis, Anda harus melewati koordinat garis awal dan akhir. Kita akan membuat gambar hitam dan menggambar garis biru di atasnya dari sudut kiri atas ke kanan bawah.

Untuk menggambar persegi panjang, Kita memerlukan pojok kiri atas dan sudut kanan bawah persegi panjang. Kali ini kita akan menggambar persegi panjang hijau di pojok kanan atas gambar.

 

Baca Juga :

Fungsi Membaca, Menampilkan, dan Menyimpan Gambar OpenCV Python




 

Menggambar Lingkaran

Untuk menggambar lingkaran, Kita memerlukan koordinat dan radius tengahnya. Kita akan menggambar lingkaran di dalam persegi panjang yang ditarik di atas.

Menggambar Ellipse

Untuk menggambar elips, kita perlu melewati beberapa argumen. Satu argumen adalah lokasi pusat (x, y). Argumen selanjutnya adalah panjang sumbu (panjang sumbu utama, panjang sumbu minor). angle adalah sudut rotasi elips secara berlawanan arah jarum jam. startAngle dan endAngle menunjukkan awal dan akhir busur elips diukur searah jarum jam dari sumbu utama. yaitu memberi nilai 0 dan 360 memberikan elips penuh. Untuk lebih jelasnya, periksa dokumentasi cv2.ellipse () . Contoh di bawah ini menarik elips setengah di bagian tengah gambar.

Menggambar Polygon

Untuk menggambar poligon, pertama Kita memerlukan koordinat simpul. Buat titik-titik menjadi array bentuk ROWSx1x2 dimana ROWS adalah jumlah simpul dan harus tipe int32 . Di sini kita menggambar poligon kecil dengan empat simpul berwarna kuning.

Menambahkan Teks ke Gambar:

Untuk memasukkan teks ke dalam gambar, Kita perlu menentukan hal-hal berikut.
  • Teks yang ingin Kita tulis
  • Posisi koordinat di mana Kita ingin meletakkannya (yaitu pojok kiri bawah tempat data dimulai).
  • Jenis font (Periksa cv2.putText () dokumen untuk font yang didukung)
  • Skala Font (menentukan ukuran font)
  • Hal biasa seperti warna, ketebalan, lineType dll. Untuk tampilan yang lebih baik, lineType = cv2.LINE_AA direkomendasikan.




 

 Contoh disini menulis kata OpenCV pada gambar dengan warna putih.

Hasil

Jadi sekarang saatnya melihat hasil akhir dari gambar kita. Saat Anda mempelajari artikel sebelumnya, bagaimana cara menampilkan gambar untuk melihatnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.